Arigoethe's Story

Ciptakan Takdir Sendiri

Posted in Day Events by arigoethe on August 17. 2011

Sudah lama sekali saya tidak menulis. Banyak kesibukan yang menguras perhatian, waktu, tenaga dan pikiran. Tapi bukan berarti menulis saya lepaskan dari hobi saya. Sebuah pergeseran besar terjadi di hidup saya beberapa waktu belakangan ini. Pergeseran dalam meraih masa depan dan mewujudkan mimpi, sebuah langkah besar yang jika saya ingat kembali merupakan sebuah rasa syukur yang tak ternilai harganya bagi saya. Pergeseran itu tak lain adalah merubah status saya yang dulunya adalah seorang karyawan menjadi seorang pebisnis, seorang Entrepreneur. Walaupun sulit, alhamdulillah saya berhasil melakukannya. Dibekali dengan mental dan keteguhan yang kuat, ini semua tak lepas dari bimbingan dan kepercayaan dari keluarga, teman dan mentor – mentor saya yang senantiasa terus mendukung saya.

Saya teringat seorang mentor saya pernah mengatakan “beranilah bermimpi, ciptakan proposal hidup mu sendiri.” Kalimat yang sungguh menginspirasi saya dan menjadi semangat tersendiri bagi saya.
Setiap hari sepanjang hidup kita membuat berbagai pilihan, dan setiap pilihan yang kita ambil akan menentukan takdir kita. Pilihan-pilihan yang cerdas dan bijaksana akan menciptakan kehidupan yang bahagia dan bermakna. Sementara pilihan hidup yang bodoh dan buruk akan menggiring kita ke dalam kehidupan yang penuh penderitaan dan kegagalan, kecuali jika kita mau belajar dari kesalahan dan kegagalan untuk kemudian tidak mengulanginya lagi.

Disinilah pentingnya kita menetapkan tujuan hidup untuk memandu kita mengambil pilihan. Dengan tujuan hidup yang jelas, kita bisa lebih cepat dan tepat untuk segera menetapkan berbagai pilihan yang terbentang dihadapan kita. Kita semua dianugerahi kebebasan untuk memilih, dan setiap pilihan akan menentukan takdir kita. Bila sesuatu menimpa kita, dan kita belum melakukan pilihan dan tindakan maka jangan katakan: “ini takdir saya” sebab takdir kita sebenarnya kitalah yang “menciptakan”.

Inilah yang saya lakukan, “menciptakan” masa depan saya sendiri, menciptakan mimpi saya sendiri, menciptakan takdir saya sendiri. Saya akui banyak sekali tantangan dan rintangannya, tapi saya tidak takut, karena mimpi saya terlalu kuat untuk dikalahkan oleh rintangan, mental saya terlalu besar untuk di goyang oleh angin, saya akan menahan laju angin demi mimpi saya. Benar, 1000 langkah ke depan dimula dari 1 langkah awal, sudah saya buktikan dari yang dulunya seorang karyawan sekarang menjadi pengusaha, yang saya yakin akan semakin sukses, sukses, makin sukses dan sangat sukses. Pilihan-pilihan dan tindakan kita “menentukan” takdir kita, jadi pastikan pilihan kita sejalan dengan tujuan hidup kita.

Beranilah bermimpi besar, dan yakinlah bahwa itu akan terjadi. Ajukanlah pertanyaan-pertanyaan untuk diri kita sendiri, saya selalu melakukan disetiap akhir pekan, pertanyaan saya antara lain: Pilihan-pilihan apa sajakah yang telah saya ambil pekan ini? Mengapa saya membuat pilihan-pilihan itu? Apa saja akibat-akibat yang mungkin terjadi dari pilihan-pilihan tersebut? Apakah saya yakin bahwa pilihan-pilihan itu akan membuat hidupku menjadi lebih berkualitas? Apakah pilihan-pilihan itu, sesuai dengan tujuan hidupku?

Bagaimana dengan anda? Itu adalah pilihan anda sendiri.

Salam FUNtastic Amazing !

Leave a comment